jump to navigation

Praktikum Sistem Operasi


Shell programming adalah penyusunan atau pengelompokkan beberapa perintah shell (internal atupun eksternal command) menjadi beberapa kumpulan perintah yang melakukan dapat tugas-tugas tertentu sesuai dengan tujuan dari user. Dengan kata lain kita dapat menggunakan shell untuk membuat suatu program layaknya sebuah bahasa pemrograman (kita dapat melakukan proses perulangan/looping, memasukkan input dan output ataupun membuat suatu fungsi bersyarat

Shell merupakan program yang dapat membaca instruksi-instruksi yang diinputkan (Biasanya menggunakan Keyboard) dan mengartikan kontrol statements agar dapat di proses sesuai perintah yang diinginkan (command interpreter). Dengan kata lain shell merupakan program yang berfungsi menghubungkan secara lansung antara user dengan sistem operasi. Ketika kita mengetikkan sesuatu di keyboard maka shell akan menafsirkan apa yang kita ketikkan. Sebagai contoh apabila kita ketikkan ls pada shell dan ls ternyata merupakan program yang dapat di eksekusi maka shell akan menjalankan program tersebut.
Contoh :
antoro@drutz:~$ ls
test
antoro@drutz:~$ hello
bash: hello: command not found
antoro@drutz:~$

macam-macam Shell yang terdapat di berbagai sistem operasi keluarga unix, jelaskan beserta kelebihan dan kekurangannya!

a. Bourne Shell (sh)
sh adalah shell standar Unix yang dibuat tahun 1979 oleh Stephen Bourne dari AT&T dengan memakai bahasa pemrograman Algol. sh terkenal karena sederhana, compact, and cepat. Kelemahannya adalah kurang interkatif seperti tidak ada history, aliasing, dan job control. Default prompt shell sh adalah $ (dolar).

b. C Shell (csh)
csh memiliki feature yang lebih lengkap dibandingkan sh. Shel ini dibuat tahun 1970an oleh Bill Joy dari University of California at Berkeley dengan menggunakan bahasa C.
Fitur yang terdapat dalam csh antara lain command-line history, aliasing, built-in arithmetic, filename completion, dan job control. Kelemahnnya adalah karena didesain untuk mesin skala besar dan memiliki banyak fitur maka shel ini cenderung lambat bila digunakan pada mesin kecil. Default prompt shell csh adalah % (persen).

c. Korn Shell (ksh)
Korn shell merupakan pengembangan dari bourne shell yang ditulis oleh David Korn dari AT&T pada pertengahan 1980an. Feature Korn shell antara lain editable history, aliases, functions, regular expression wildcards, built-in arithmetic, job control, coprocessing, dan special debugging. Default prompt shell ksh adalah $ (dolar).

d. Bourne Again Shell (bash)
Bash merupakan default shell Linux yang merupakan pengembangan dari bourne shell sehingga kompatibel juga di Unix. Shell ini dibuat pada tahun 1988 oleh Brian Fox dari FSF GNU. Fitur yang dimiliki bash antara lain interaktif, dapat membuat shortcut, bisa berwarna, dll.Default Bash prompt adalah $ (dolar).

Comments»

1. Apin - 15 September 2009

Kalo posting tugas pendahuluan atau tugas tambahan judulnya jangan seperti ini. Contoh : untuk modul 2, kebanyakan menggunakan judul Tugas Pendahuluan Modul 2, Tidak perlu seperti itu. Kasih saja judul yang umum. Contoh judul untuk modul 2 : “Macam-macam bash di unix”.
Terima kasih.

teguharifianto - 17 September 2009

Terimakasih mas sarannya.OK.modul 3 sampai seterusnya q ganti


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: