jump to navigation

701 Mahasiswa Baru Unair Daftar Ulang 5 August 2009

Posted by teguharifianto in Jawa Pos.
trackback

Jawa Pos, Rabu, 05 Agustus 2009

SURABAYA – Para calon mahasiswa yang diterima Universitas Airlangga melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) mulai kemarin hingga 8 Agustus bisa mendaftar ulang. Tahun ini Unair menerima 1.650 mahasiswa baru jalur SNM PTN untuk 13 fakultas.

Hari pertama pendaftaran ulang di kampus C Unair kemarin (4/8) terlihat cukup ramai. Sebanyak 701 mahasiswa baru sudah resmi menjadi warga kampus Dharmawangsa. ”Hari ini (kemarin, Red) memang cukup ramai. Yang belum mendaftar ulang ditunggu hingga 8 Agustus nanti,” tutur Direktur Pendidikan Unair Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih.

Saat registrasi, calon mahasiswa membayar sumbangan operasional pendidikan (SOP) dan biaya administrasi di bank yang ditunjuk. Besarnya, SOP antara Rp 800 ribu hingga Rp 1,25 juta, bergantung jurusannya. Biaya administrasi sebesar Rp 570 ribu.

”Seluruh biaya itu termasuk mutz, jaket, asuransi kecelakaan dan kesehatan, serta tes kesehatan dan bahasa Inggris,” kata Ni Nyoman.

Setelah membayar, calon mahasiswa masuk auditorium kampus C untuk proses administrasi. Ada enam loket yang harus dilalui si calon. Di antaranya, loket pengambilan map, verifikasi sidik jari, dan kelengkapan administrasi seperti fotokopi ijazah, SKHUN, akta kelahiran, surat keterangan bebas narkoba dari kepolisian, dan jadwal tes kesehatan di RSUD dr Soetomo.

”Untuk tes kesehatan, setiap mahasiswa berbeda. Bergantung kuota yang ditentukan petugas,” katanya.

Sementara itu, pendaftaran mahasiswa baru melalui program penelusuran minat dan kemampuan (PMDK) Unair jalur umum gelombang II berakhir kemarin. Peminat ”jalur mahal” itu ternyata masih cukup besar. Hingga penutupan pendaftaran, tercatat 3.021 pendaftar. Mereka berebut 700 kursi yang tersedia.

PMDK jalur umum disebut ”jalur mahal” karena biaya pendidikannya lebih mahal daripada jalur SNM PTN. Misalnya, biaya SOP berkisar Rp 2,5 juta-Rp 6 juta. Sumbangan pembinaan dan peningkatan pendidikan (SP3) antara Rp 7,5 juta-Rp 150 juta.

PMDK jalur umum gelombang II tersebut memang dibuka mendekati pengumuman SNM PTN dan ditutup pasca pengumuman hasil SNM PTN. Artinya, calon mahasiswa yang gagal di SNM PTN masih berpeluang masuk Unair melalui PMDK jalur umum.

Hingga penutupan pendaftaran kemarin, formulir yang terjual 3.021 lembar. Rinciannya, kelompok IPA 1.139, IPS 1.515, dan IPC 367 formulir. Nah, dari yang terjual itu, formulir yang kembali ke panitia sebanyak 2.966. Rinciannya, IPA 1.118, IPS 1.483, dan IPC 365 formulir.

Pada pendaftaran hari terakhir, gedung serba guna (GSG) di kampus B Unair dipadati pendaftar. Setelah mendaftar, beberapa di antara mereka langsung mengecek ruang tempat ujian yang diadakan hari ini (5/8). Tempat ujian itu berada di seluruh gedung fakultas di kampus B Unair Jalan Dharmawangsa dan kampus C di Jalan Mulyorejo. Ujian dilaksanakan mulai pukul 08.00. ”Peserta harus datang 30 menit sebelum ujian,” jelas Soebianto.

Sementara itu, soal pengem­balian dana SP3 dan SOP bagi ma­hasiswa yang diterima di SNM PTN, Rektor Unair Prof Fasichul Lisan memberikan penjelasan secara khusus. Mantan Ketua Umum PW Muhammadiyah Jatim itu mengatakan sebenarnya tanpa diprotes orang tua ma­hasiswa, Unair pasti mengembalikan uang SOP dan SP3 bagi mahasiswa yang diterima SNM PTN.

Persoalannya sebenarnya, kata Fasich, terdapat perbedaan antara SK Rektor yang dikeluarkan Maret 2009 lalu dengan surat pernyataan mahasiswa yang dikeluarkan panitia Penerimaan mahasiswa baru PMDK Unair.

Di SK rektor itu, tertulis bahwa Unair hanya mengembalikan sebagian SP3 dan SOP mahasiswa PMDK yang lolos SNM PTN di Unair. Sehingga mahasiswa yang diterima di PTN lain uang SP3 dan SOPnya tidak bisa diambil. Sementara di surat pernyataan mahasiswa PMDK, tidak menyebut Unair. Sehingga diterima di PTN mana pun, Unair wajib mengembalikan sebagian uang SP3 dan SOP tersebut.

“Karena ada dua ketentuan, Unair memutuskan untuk berpegang pada ketentuan yang tidak memberatkan masyarakat,” kata Fasich saat berkunjung ke kantor Jawa Pos di Gedung Graha Pena tadi malam. (alb/tom/ari)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: